SEKILAS INFO
  • |     Selamat Datang di Website Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang  |
WAKTU :

Menjadi Istri Idaman

Terbit 23 Juni 2022 | Oleh : Kemenag Singkawang | Kategori : Artikel
Menjadi Istri Idaman

Oleh: Herlin*

Menjadi istri idaman adalah impian setiap wanita. Menjadi istri yang didambakan suami juga merupakan satu kebahagiaan bagi istri karena itu membuktikan bahwa ia sukses menjadi salah satu kebahagiaan bagi suami. Seperti sabda Rosulullah,”Ada 4 faktor kebahagiaan: istri yang sholihah, tempat tinggal yang lapang, tetangga yang baik dan kendaraan yang nyaman” (HR. Ibnu Hibban dan dishohihkan syaikh Al-bani).

Jadi untuk menjadi istri idaman yang merupakan kebahagiaan bagi suami adalah dengan menjadi istri yang sholihah, istri yang bersifat patuh dan berserah diri terhadap aturan syariat dan taat pada suami. Dalam beberapa hadits juga disebutkan beberapa sifat istri sholihah. Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa nabi ditanya”Siapakah wanita yang paling baik ?”. Beliau menjawab,”Sebaik-baik wanita adalah yang menyenankan suaminya jika memandangnya, yang mentaati suami kala diperintah dan tidak menyimpangkan diri dan hartanya dengan perkara yang tidak disukai suaminya” (HR. Ahmad).

Dari hadits ini dapat dilihat bahwa sifat-sifat istri sholihah adalah istri yang baik agama dan akhlaknya. Itulah sebabnya ketika lelaki mencari calon istri, ia diperintahkan untuk memilih calon istri yang baik agama dan akhlaknya. Bahkan, agama lebih didahulukan dibanding kekayaan, kecantikan dan keturunannya. Maka benar dan adil apabila baiknya agamalah yang menjadi standar istri idaman.

Namun alangkah beruntungnya jika wanita sholihah idaman suami ini juga istri yang berwajah cantik yang dengan memandangnya mata akan terpesona, istri yang kaya yang dengan hartanya ia dapat menbantu dakwah suami, serta istri yang berasal dari keturunan orang terhormat.

Setelah dipahami sifat-sifat istri sholihah yang menjadi istri idaman suami, lalu apa yang harus kita lakukan sebagai istri ??? Tips berikut dapat kita pelajari bersama:

Pertama: Belajar agama.

Untuk menjadi istri sholihah idaman suami, hendaklah kita sebagai istri senantiasa memperbagus kualitas agama kita. Dengan bagusnya agama, akan berpengaruh pada bagusnya akhlak, tutur sapa kepada suami dan lain-lain. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempelajari agama dengan lebih baik. Bisa belajar melalui bimbingan khusus dari ustadz atau ustadzah, rajin mengikuti pengajian, rajin mendengar ceramah di radio maupun televisi, rajin membaca buku yang mengandung pelajaran sebagai seorang istri dan lain sebaginya.

Kedua: menjadi istri yang menghormati suami

Dengan menghormati suami, maka nanti suami juga akan menghormati istri. Salah satu bentuk hormat istri kepada suami adalah tidak menyepelekan keperluan mereka, tidak menentang serta mudah untuk meminta maaf kepada suami. Ketahuilah bahwa istri yang menghormati suami adalah salah satu penghuni surga. Rosulullah bersabda,”Maukah aku kabarkan kepada kalian para istri kalian di surga ? wanita yang penyayang, sangat subur dan suka berbuat baik, yang apabila berbuat aniaya ia akan mengatakan “Ini tanganku ada di atas tanganmu, aku tak bisa memejamkan mata sehingga engkau ridho padaku”.

Ketiga: mempercayai suami

Cemburu merupakan bukti besarnya cinta dan kasih sayang seorang istri kepada suami. Bahkan cemburu bisa menjadi perekat dalam hubungan pasangan suami istri. Namun cemburu ada 2 macam, Rosulullah bersabda,”Di antara sifat cemburu, ada yang dicintai dan ada pula yang Allah benci. Adapun  cemburu yang dicintai Allah adalah cemburu dalam keragu-raguan sedangkan cemburu yang dibenci adalah cemburu yang di dalamnya tidak ada keraguan” (HR. Abu Daud dan dihasankan oleh Syaikh Al-bani).

Cemburu tidak boleh sampai menghilangkan kepercayaan istri kepada suami. Cemburu yang tidak baik biasanya dengan langsung memvonis bahwa suami telah menyeleweng tanpa ada kepercayaan atau keraguan lagi sedikitpun.

Ke empat: jadilah istri yang berakhlak terpuji

Istri yang berakhlak terpuji adalah kebahagiaan bagi suami. Istri yang halus budi pekertinya,pandai bersyukur atas kebaikan suami kepadanya, menyayangi suami dan anak-arta dan anaknya, pandai menjaga diri, harta dan rumah tangganya. Bahkan meski dalam keadaan marah atau cemburu pun, ia hanya akan menyebutkan kebaikan suami dan tidak membuka aib-aib suaminya. Maka duhai para wanita,,,jadilah istri yang sholihah idaman suami sehingga anda bisa berbahagia bersama suami anda.

 

*Penulis adalah Penyuluh Agama Islam Singkawang Barat

SebelumnyaPembinaan Rutin Pegawai, Muhlis Harap Tingkatkan Kinerja SesudahnyaMenanggung Akibat Dosa Maksiat

Berita Lainnya

0 Komentar